9 Cara Investasi untuk Pemula Agar Langsung Menguntungkan

  • Whatsapp

Investasi melibatkan pengeluaran uang untuk mendapatkan keuntungan finansial. Ini pada dasarnya berarti bahwa Anda berinvestasi dalam menghasilkan uang dan mencapai tujuan finansial.

Di mana pun Anda berinvestasi, pada dasarnya Anda mendonasikan uang kepada perusahaan, pemerintah, atau entitas lain, dengan harapan mereka dapat memberi Anda lebih banyak uang di masa depan. Orang biasanya menggunakan uang untuk keperluan tertentu, seperti pensiun, pendidikan anak, perumahan, dll.

Investasi berbeda dengan menabung atau trading. Biasanya, investasi terkait dengan deposito jangka panjang, daripada perdagangan saham biasa. Investasi lebih berisiko daripada menabung. Terkadang tabungan bisa dijamin, tapi investasi tidak bisa dijamin.

Jika Anda menaruh uang Anda di bawah kasur tanpa berinvestasi, maka Anda tidak akan pernah memiliki lebih banyak uang daripada yang Anda tabung.

Inilah mengapa banyak orang memilih untuk menginvestasikan uangnya. Anda bisa memasukkan banyak hal. Inilah beberapa jenis investasi 100 ribu profit harian di antaranya.

1. Lakukan Perencanaan Keuangan

Yang pertama mulai berinvestasi adalah melakukan perencanaan keuangan Anda . Ini memberikan pemetaan keuangan Anda, yaitu arus masuk dan arus keluar anggaran Anda.

Dengan perencanaan di tangan, identifikasi peluang pengeluaran dan tabungan yang berlebihan. Dengan demikian, Anda akan memiliki lebih banyak uang untuk diinvestasikan.

Tetapkan juga jumlah yang akan diterapkan dan frekuensi, misalnya, untuk menerapkan Rp 1000.000 per bulan. Selain melakukan perencanaan keuangan, Anda juga harus mengikutinya. Luangkan waktu dalam seminggu untuk meninjau neraca Anda. Dalam waktu singkat, perbedaannya akan terlihat jelas.

2. Ketahui Apa Tujuan Anda

Tip ini sangat penting. Memiliki tujuan yang jelas. Mereka akan menjadi motivasi bagi Anda. Setelah melakukan perencanaan keuangan, pikirkan tentang apa yang ingin Anda capai dengan uang yang disimpan.

3. Singkirkan Hutang

Jika Anda memiliki hutang, negosiasikan terlebih dahulu sebelum melakukan investasi apa pun. Dengan mereka, tidak mungkin mengakumulasi ekuitas yang solid.

Sekalipun investasi Anda memiliki tingkat pengembalian yang tinggi, kerugian bunga yang dibebankan oleh bank dan perusahaan pembiayaan biasanya akan lebih besar.

4. Ketahui Investasi Utama untuk Pemula

Saat Anda mulai melakukan investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah, mungkin ada banyak pertanyaan tentang aplikasi mana yang harus dipilih, bukan? Pilihan teraman adalah pendapatan tetap . Pada dasarnya, ini adalah jaminan utang yang diterbitkan oleh lembaga seperti pemerintah atau bank.

Kemudian, mereka mengumpulkan uang dari investor untuk membiayai aktivitas mereka. Sebagai imbalannya, mereka menawarkan tingkat pengembalian tinggi.

Kategori pertama terdiri dari pendapatan tetap, yaitu Anda berinvestasi dan Anda sudah tahu berapa banyak yang akan Anda terima pada saat jatuh tempo.

5. Lakukan Reservasi Darurat

Fokus pertama dari uang yang diinvestasikan harus pada pembentukan cadangan darurat Anda. Seperti investor yang baik, Anda juga harus siap menghadapi kemungkinan.

Para ahli merekomendasikan agar nilai dana darurat setara dengan enam bulan pengeluaran bulanan Anda. Untuk berinvestasi dalam perlindungan Anda, yang ideal adalah menggunakan investasi dengan likuiditas , karena mereka membayar pendapatan harian.

6. Diversifikasi Investasi

Salah satu rahasia investor besar, seperti Warren Buffett dan Paulo Lemann adalah diversifikasi investasi. Tujuannya adalah untuk menginvestasikan uang dalam berbagai aset untuk memperoleh pengembalian yang baik terlepas dari kondisi pasar.

Diversifikasi juga menghasilkan arus kas dalam portofolionya, yaitu arus masuk berulang dari remunerasi investasi.

Uang ini dapat digunakan untuk diinvestasikan kembali dalam aset baru atau untuk membayar tagihan Anda. Salah satu instrument yang dapat digunakan untuk melakukan diversifikasi investasi adalah crowdfunding Indonesia.

7. Memiliki Kesabaran dan Disiplin

Tip ini bisa sangat sulit untuk diikuti, tetapi ini tentunya merupakan salah satu kunci untuk menjadi investor yang sukses. Kendalikan diri Anda. Hindari membuat keputusan berdasarkan kemauan dan emosi sesaat. Selalu memprioritaskan tujuan Anda.

Investasi pendapatan tetap, bahkan dengan tingkat pengembalian yang bagus, tidak mendatangkan kekayaan dalam semalam. Jadi, bersabarlah dan terus berinvestasi.

8. Evaluasi investasi Pendapatan Variabel

Setelah Anda membentuk portofolio investasi pendapatan tetap dan menjadi investor yang lebih berpengalaman, mungkin menarik untuk menyisihkan sebagian dari modal Anda untuk diinvestasikan dalam pendapatan variabel.

Reksa dana seperti kondominium di mana beberapa investor menitipkan uangnya kepada seorang manajer yang mendistribusikan ekuitas dalam aset pendapatan variabel sesuai dengan tujuan dan kebijakan investasi.

9. Lacak Investasi Anda dan Pasar

Tidak cukup hanya dengan menginvestasikan uang Anda, Anda perlu memantau kinerja aplikasi Anda, terutama pendapatan variabel.

Oleh karena itu, yang ideal adalah membuat analisis hasil, setidaknya setiap enam bulan. Bandingkan keuntungan yang diperoleh dengan ekspektasi Anda.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *