var id = "52cef0501065c04a0d320f231464118135f119e8"; ?php body_class(); ?>>

9 Warga Ponorogo Tertular Tuan Rumah Ternyata Positif Covid-19 Jenguk Kerabat yang Sakit

Regional

Sembilan warga Ponorogo dinyatakan positif Covid 19. Mereka tertular dari pasien nomor 263, yaitu saudara mereka dari Kelurahan Tonatan, Kecamatan Kota Ponogoro yang belum lama mudik dari Jakarta. Sepulang dari Jakarta, pasien 263 mengalami sakit. Keluarganya bertamu dan menjenguk untuk memberikan dukungan.

Ternyata, belakangan diketahui pria berusia 50 tahun itu terpapar Covid 19. Bupati Ponorogo, Ipong Muchlissoni, mengatakan sembilan orang yang tertular tersebut mengunjungi saudaranya karena ingin memberikan dukungan moral. Padahal pasien tersebut sudah merasakan gejala Covid 19, sehingga diminta melakukan isolasi mandiri.

"Pasien kasus nomor 263 setelah dinyatakan sakit, alih alih menerapkan isolasi mandiri dengan baik, keluarganya dari wilayah lain justru mendatangi dan berkumpul di rumah pria ini,” kata Ipong kepada Kompas.com, Sabtu pagi. Ternyata diketahui pasien tersebut dinyatakan positif Covid 19. Orang orang yang berkontak pun harus menjalani tes swab. Hasilnya sembilan orang kerabat terkonfirmasi positif Covid 19.

Ipong mengimbau, masyarakat bisa memberikan dukungan pada mereka yang sudah menunjukkan gejala dengan cara lain. "Kalaupun harus datang, tentunya seperlunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan,” kata Ipong. Sembilan orang yang tertular dari pasien kasus 263 adalah tiga perempuan dan enam laki laki.

Tiga perempuan yaitu dua warga Tonatan masing masing berumur 41 tahun dan 10 tahun. Sedangkan enam laki laki yang tertular adalah lima warga Tonatan, masing masing berumur, 14 tahun, sembilan tahun, 12 tahun, dan dua anak berumur 13 tahun. Satu orang lainnya adalah warga Balong berumur 50 tahun.

Sebelum dinyatakan positif Covid 19, pasien itu sempat melakukan perjalanan dari Jakarta ke Ponorogo pada Jumat (14/8/2020). Selama lima hari usai datang dari Jakarta, orang tersebut mengalami gejala seperti batuk dan sesak napas. Setelah dicek oleh rumah sakit, pasien mengalami pneumonia bilateral. Pria tersebut dinyatakan terpapar Covid 19 usai melalui proses tes swab.

Hingga Sabtu (5/9/2020) pagi, jumlah kasus positif Covid 19 di Kabupaten Ponorogo mencapai 276 orang. Rinciannya, ada 226 orang yang dinyatakan sembuh, delapan meninggal dunia dan 42 menjalani isolasi. (Penulis: Kontributor Solo, Muhlis Al Alawi | Editor: Aprillia Ika)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *