Apa Itu Chainlink? Begini Cara Kerjanya

  • Whatsapp

Harga Chainlink idr terus menunjukkan peningkatan sehingga tidak sedikit masyarakat Indonesia yang penasaran tentang cara beli Chainlink. Perlu diketahui Chainlink merupakan salah satu jenis mata uang kripto yang saat ini mempunyai popularitas tinggi.

Chainlink kini menjadi salah satu proyek yang paling banyak digunakan dalam dunia cryptocurrency. Bahkan layanan tersebut termasuk layanan oracle yang terdesentralisasi yang bisa memberikan data eksternal. Untuk lebih jelasnya, ikuti cara kerja Chainlink di bawah ini.

Cara Kerja Chainlink

Chainlink memakai jaringan node agar data yang diberikan dalam kontrak pintar bisa dipercaya dan dapat diandalkan untuk menaikkan harga Chainlink Idr. Untuk lebih jelasnya, berikut akan ada penjabaran cara kerja Chainlink yang mungkin akan sangat berguna, terutama bagi pemula.

Oracle Selection

Langkah pertama adalah pengguna Chainlink akan menyusun Service Level Agreement atau SLA yang bisa menetapkan rangkaian syarat data yang akan digunakan. Kemudian perangkat lunak akan mencocokkan pengguna dengan oracle dengan menggunakan SLA. Sehingga bisa menyediakan data yang diperlukan.

Sesudah parameter sudah ditetapkan, maka pengguna akan mengirimkan SLA dan mulai menyimpan mata uang kripto Link. Sedangkan tempat penyimpanannya adalah kontrak Order matching yang bisa menerima tawaran dari Oracle.

Melaporkan data

Langkah selanjutnya adalah melaporkan data. Pada langkah ini Oracle mulai terhubung dengan sumber eksternal dan mendapatkan data dari off chain. Tentu saja sesuai dengan permintaan dari SLA.

Selanjutnya semua file yang sudah diterima, akan mulai diproses. Sedangkan yang bertugas adalah oracle dan dikirim kembali menuju kontak yang sudah berjalan di blockchain Chainlink.

Agregasi hasil

Langkah terakhir adalah agregasi hasil. Langkah ini akan melibatkan semua penghitungan hasil pengumpulan data. Sebelumnya data tersebut sudah dikumpulkan oleh oracle. Kemudian dikembalikan menuju kontrak Agregasi.

Selanjutnya kontrak Agregasi akan mengambil respon dan mulai menilai validitas masing-masing. Sehingga menjadi skor yang bernilai tinggi. Tentu saja dengan menggunakan semua data yang diterima dari pengguna Chainlink.

Itulah cara kerja Chainlink yang harus diketahui, terutama oleh pemula. Ketahui semuanya sehingga bisa mengetahui bagaimana cara menaikkan harga Chainlink Idr. Sehingga jika terjadi penurunan tidak terjadi kerugian yang signifikan bagi pengguna Chainlink. Semoga berhasil.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *