Apa Saja Fungsi Kunci Stir Mobil dan Jenis-Jenisnya?

  • Whatsapp

Sebagai kendaraan yang berharga tinggi, pemilik mobil pastinya akan selalu was-was terkait dengan keamanan kendaraannya. Tak peduli mobil baru atau bahkan mobil bekas yang baru dibeli melalui tempat  jual mobil bekas online, rasa waspada tentu akan selalu ada. Untuk itu, demi menjaga mobil agar tidak dibobol maling, banyak cara yang dilakukan oleh para pemilik kendaraan. Salah satunya adalah dengan menggunakan kunci stir mobil.

Pemakaian kunci stir mobil memiliki peran penting saat mobil sedang tidak dipakai. Hanya saja, tahukah kamu bahwa ternyata stir mobil memiliki banyak macam? Coba cek ulasannya, yuk!

Mengenal Kunci Stir Mobil?

Kunci stir mobil lebih identik dengan penggunaan aksesoris. Meskipun demikian, keberadaan aksen tersebut dapat membantu melindungi dan menjaga mobil dari pencurian. Selain itu, mobil kamu akan tetap aman meskipun terparkir di luar rumah.

Namun, perlu kamu ketahui bahwa penentuan kunci stir mobil juga sangat berpengaruh terhadap kinerjanya. Usahakan sebelum memilih jenis kunci stir tersebut, kamu perlu mengetahui jenisnya agar nantinya kunci tersebut dapat bermanfaat sesuai dengan kebutuhan.

Jenis-Jenis Kunci Stir Mobil

1.   Kunci Stir Bentuk Huruf T

Kunci stir dengan bentuk huruf T adalah salah satu kunci yang banyak dimanfaatkan dan lebih mudah dipakai. Pemakaian kunci stir ini dapat digunakan untuk jenis mobil box maupun mobil secara umum. Pengaplikasiannya cukup mudah, sehingga sangat efektif dan juga efisien.

2.   Kunci Stir Pengait Rem

Kemudian, kunci stir mobil yang banyak digunakan setelah stir bentuk T adalah kunci stir pengait rem. Fungsi kunci mobil ini memberikan perlindungan ekstra dibandingkan jenis kunci stir bentuk T.

Meskipun demikian, jika kamu menginginkan kunci stir mobil yang ringkas dan mudah, pilihan kedua ini cenderung sulit. Hal tersebut karena kamu harus memasang kunci hingga ke bagian pedal rem. Hal tersebut dapat menjadi perlindungan ekstra.

3.   Kunci Stir Gagak

Terdapat pilihan kunci mobil stir terakhir yang dapat digunakan para pemilik mobil sebagai tambahan perlindungan yakni, model stir gagak. Kunci stir ini berbentuk panjang dan mempunyai 2 pengait yang terletak pada bagian paling atas maupun pada bagian tengah. Meskipun pemakaian kunci stir jenis ini cukup banyak, kamu perlu cermat memilih. Hal ini karena beberapa stir tidak dapat dikunci memakai kunci stir model gagak. Pasalnya, bentuk stir gagak berbentuk lurus dan mampu menekan bagian klakson pada mobil.

Itu dia beberapa jenis kunci stir mobil yang perlu diketahui. Sudah tahu ingin menggunakan kunci stir mobil yang mana? Semoga bermanfaat!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *