Aturan yang Harus Dipatuhi Demi Meraih Keutamaan Puasa Syawal

  • Whatsapp

Setelah Ramadhan berakhir, bukan berarti ibadah juga berakhir. Umat Islam tetap harus menjalankan ibadah wajib maupun sunnah. Salah satu ibadah sunnah yang akan mendatangkan banyak berkah adalah puasa Syawal. Keutamaan puasa Syawal disebutkan memiliki pahala yang setara dengan puasa 1 tahun lamanya.

Aturan Berpuasa Syawal

Ibadah puasa Syawal memiliki aturan yang harus dipatuhi jika ingin dilaksanakan. Mengikuti aturan ibadah secara benar akan membuat Anda bisa menerima keutamaan ibadah tersebut. Berikut adalah beberapa aturan penting dalam pelaksanaan ibadah puasa Syawal:

1.     Mulai dengan Niat

Pertama dan paling penting untuk dilakukan sebelum berpuasa Syawal adalah membaca niat. Niat ini bisa dibaca pada malam hari atau pada saat melakukan sahur. Niat berpuasa ini bisa dibaca dalam hati saja tanpa perlu dilafalkan. Jangan hanya membaca bacaan niat tapi kuatkan hati juga untuk menjalani ibadah puasa.

2.     Lunasi Puasa Wajib

Bagi yang memiliki utang berpuasa wajib maka harus dilunasi terlebih dahulu. Puasa wajib harus diselesaikan terlebih dahulu barulah menjalankan ibadah sunnah di bulan Syawal. Niat mengganti puasa wajib dan puasa Syawal juga tidak boleh digabungkan. Keduanya harus dilakukan di hari yang berbeda dengan niat berbeda pula.

3.     Dilakukan Mulai Tanggal 2

Untuk mendapatkan keutamaan puasa Syawal, maka segera selesaikan ibadah ini selama tidak ada tanggungan utang puasa wajib. Ibadah puasa Syawal bisa langsung dilakukan pada tanggal 2 setelah lebaran. Ingat, pada tanggal 1 Syawal hukum berpuasa adalah haram. Jadi mulailah berpuasa di tanggal 2 dan jangan ditunda-tunda selagi bisa.

4.     Bisa Tidak Berturut-turut

Ibadah puasa Syawal dilakukan selama 6 hari namun bisa berselang-seling. Ibadah puasa ini tidak harus dilakukan dalam 6 hari yang berurutan. Namun bagi masyarakat yang memiliki tradisi lebaran ketupat pada tanggal 8 Syawal biasanya akan memilih berpuasa berturut-turut dari tanggal 2 hingga 7 Syawal.

 

Itulah beberapa aturan yang harus dipatuhi jika ingin mendapat keutamaan puasa Syawal. Jangan ragu untuk menjalankan ibadah sunnah ini karena ada begitu banyak keutamaan yang bisa dirasakan. Keberkahan dan ketenangan hati juga akan datang menghampiri bagi umat Islam yang menunaikan ibadah ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *