var id = "52cef0501065c04a0d320f231464118135f119e8"; ?php body_class(); ?>>

Berbeda dari Kebanyakan Mengapa Keju Swiss Ini Berlubang

Travel

Tahukah kamu ada beragam jenis keju di dunia. Ada keju cheddar, keju mozzarella, atau keju parmesan. Kebanyakan keju, berbentuk padat dengan berbagai ukuran.

Di antara jenis keju yang populer, ada satu punya bentuk unik. Namanya keju Emmental. Bentuk keju Emmental berlubang seperti keju yang kita lihat pada saat nonton serial Tom & Jerry.

Ternyata ada penjelasan mengapa keju Emmental bisa berlubang. Di beberapa daerah diSwiss, pembuatan keju merupakan salah satu profesi masyarakat. Setiap tahunnya, produsen keju diSwissmenghasilkan sekitar 180.000 ton keju.

Keju keju diSwissbanyak dibuat di pegunungan, yang dibuat dengan susu sapi pegunungan Alpen. Keju dariSwissbiasanya merupakan keju yang tahan lama dan punya rasa yang khas. Satu di antara kejuSwissyang paling terkenal adalah keju Emmental.

Keju ini dibuat di desa yang terketak di tepi sungai Emme, Emmental. Keju Emmental sudah dibuat diSwisssejak abad ke 14. Namun penduduk setempat merahasiakan resep keju ini dengan baik.

Sekitar tahun 1800 an, kejuSwissmulai banyak dikenal di negara lainnya. Apa tahu bagaimana proses pembuatan keju? Keju dibuat dari susu yang melewati proses fermentasi. Proses fermentasi adalah peragian.

Saat proses membuat keju, pembuat keju harus memanaskan keju terlebih dahulu. Kemudian, susu tersebut diberi bakteri tertentu yang akan mengubahnya menjadi keju. Bakteri akan memakan kandungan gula di dalam keju, yang kita kenal dengan nama laktosa.

Susu kemudian akan mengental dan berubah menjadi dadih yang menjadi awal mula keju. Nah, rupanya semua keju diberi jenis bakteri yang sama. Ada bakteri homofermented yang hanya menghasilkan asam laktat saat proses fermentasi.

Keju yang memakai bakteri ini misalnya adalah keju cheddar . Keju Emmental memakai jenis bakteri yang berbeda untuk proses fermentasi. Bakteri yang digunakan dalam proses fermentasi keju Emmental adalah jenis bakteri heterofermented.

Dalam proses fermentasi, jenis bakteri heterofermented yang menghasilkan beberapa senyawa, termasuk karbondioksida. Bakteri yang termasuk dalam jenis ini adalah bakteri P. shermani. Gas karbondioksida pun terperangkap di dalam keju yang padat. Karenanya, terbentuklah gelembung.

KejuSwisstermasuk keju yang tebal dan padat, sehingga gelembung gas tidak bisa berjalan keluar ke kulit luar keju. Inilah yang kemudian menciptakan lubang lubang di dalam keju Emmental.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *