Bisa Jadi 4 Faktor Ini Jadi Penyebabnya Punya Luka Terbuka Tak Kunjung Sembuh

Normalnya penyembuhan luka membutuhkan waktu selama 3 minggu. Tetapi jika lebih dari 12 minggu luka tak kunjung sembuh berarti ada yang salah dengan luka tersebut. Kondisi ini disebut sebagai luka kronis, dan dapat disebabkan oleh berbagai hal.

Luka lama sembuh terjadi saat proses penyembuhan luka terhambat. Ada beberapa hal yang turut berkontribusi terhadap lamanya penyembuhan luka. Mulai dari riwayat penyakit yang diderita seperti diabetes, hingga penerapan pola hidup yang tidak sehat seperti kurangnya asupan makanan bernutrisi dan kebiasaan merokok. Berikut ini beberapa faktor yang bisa membuat luka membutuhkan waktu lama untuk sembuh:

Luka lama sembuh dapat disebabkan oleh sirkulasi darah dan suplai oksigen yang buruk. Saat sirkulasi darah dan suplai oksigen tidak lancar, proses penyembuhan luka akan terganggu. Beberapa kondisi yang menyebabkan aliran darah tidak lancar di antaranya menderita penyakit diabetes atau penyakit arteri perifer.

Infeksi pada luka juga menyebabkan luka lama sembuh. Infeksi dapat terjadi saat kuman masuk ke dalam luka terbuka. Saat luka mengalami infeksi, tubuh lebih banyak berupaya melawan infeksi tersebut dibanding menyembuhkan luka.

Kondisi ini dapat menghambat penyembuhan luka. Tingginya kadar gula darah penderita diabetes dapat menurunkan fungsi kekebalan tubuh, sehingga mempermudah luka terinfeksi, selain itu juga meningkatkan risiko peradangan pada area tubuh yang terluka. Selain itu, hal lain yang juga menyebabkan luka sulit sembuh pada penderita diabetes di antaranya gangguan peredaran darah dan kerusakan saraf atau neuropati.

Penyembuhan luka pada kaum lanjut usia (> 60 tahun) cenderung berjalan lebih lambat karena faktor penuaan. Beberapa faktor lain juga berkontribusi terhadap lamanya penyembuhan luka pada lansia, seperti asupan gizi yang diterima, penyakit yang diderita, hingga kesehatan dan kebersihan kulit.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *