BMKG Sebut Hujan Masih Turun dengan Intensitas Bervariasi Cek Prakiraan Cuaca Jabodetabek Hari Ini

  • Whatsapp

Usai hujan deras mengguyur wilayah ibukota dan sekitarnya Senin (21/9/2020), bagaimana cuaca Jabodetabek hari ini? Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi, wilayah DKI Jakarta cerah berawan pada Selasa (22/9/2020) pagi ini Siang hari Jakarta Timur, Barat, dan Selatan diprediksi hujan berintensitas ringan, sedangkan wilayah lainnya mendung.

Saat memasuki malam hari, Jakarta Barat dan Selatan yang hujan dengan intensitas ringan, sementara itu wilayah lainnya berawan. Kota Bekasi dan Depok di Jawa Barat kemungkinan baru hujan siang nanti dengan intensitas ringan, sedangkan Bogor diguyur hujan berintensitas sedang hingga sore. Malam hari, hujan di Bekasi dan Depok berangsur reda, sedangkan intensitas hujan di Bogor berangsur ringan.

Read More

Di Banten, Kota Tangerang kemungkinan berawan sejak pagi sampai sore. Malam hari, hujan akan mengguyur dengan intensitas sedang. Sementara itu Senin (21/9/2020) malam, tinggi Muka Air (TMA) Ciliwung di Bendung Katulampa Bogor sudah turun ke siaga 4. TMA Sungai Ciliwung tadi malam pada pukul 22.30 WIB kini berada di angka 70 cm.

Andi memperkirakan bahwa luapan air Ciliwung kini per pukul 22.00 WIB sudah sampai ke wilayah Depok. Sementara untuk wilayah Jakarta, luapan air diperkirakan sampai sekitar pukul 07.00 WIB. "Sekarang (luapan air) diperkirakan sudah sampai Depok. Kalau untuk sampai ke wilayah Jakarta agak lama, sekitar jam 07.00 WIB pagi," kata Andi.

Diberitakan sebelumnya, Tinggi Muka Air ( TMA ) Bendung Katulampa, Kota Bogor sempat menyentuh status siaga 1 sekitar pukul 18.00 WIB. Sejak sore tadi, TMA Bendung Katulampa terus mengalami kenaikan. Kenaikan TMA Bendung Katulampa ini terjadi secara bertahap sejak pukul 17.00 WIB.

Pantau Ketinggian Air di Pintu Air Manggarai, Anies Baswedan: Air Diperkirakan Tiba Pukul 02.00 WIB Hujan deras mengguyur DKI Jakarta sejak 19.00 WIB hingga pukul 22.54 WIB, Senin (21/9/2020). Air dari Bendung Katulampa, Bogor, Jawa Barat, dikabarkan telah siaga satu. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memprediksi air kiriman dari sana tiba di ibu kota pada pukul 02.00 WIB 04.00 WIB.

"Diperkirakan akan sampai sekira pulul 02.00 04.00 WIB," kata Anies, saat diwawancarai awak media, di Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Senin (21/9/2020). "Saat ini pintu air di Depok sudah menunjukan peningkatan. Artinya kira kira 5 6 jam lagi sampai di Jakarta," lanjutnya. Guna mengantisipasi banjir, kata Anies, warga Jakarta diimbau menyiapkan tempat penampungan air.

"Antisipasi kita, satu untuk masyarakat, siapkan tempat tempat penampungan jika sampai terkena banjir," jelasnya. "Tapi kali ini agak berbeda karena tempat penampungannya harus memasukan protokol kesehatan Covid 19," sambungnya. Selain menyediakan masker, lanjut Anies, lokasi penampungan air diberikan jarak antara satu dengan lainnya. "Lokasi lokasinya dibuat ada jaga jarak sehingga warga juga terbebas dari potensi penularan Covid 19," imbaunya.

"Malam hari ini seluruh kawasan yang di tepi Sungai Ciliwung bersiaga," ujarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *