Cara Mengatasi Jerawat, Tidur Cukup hingga Hindari Stres dapat Bantu Redakan Secara Alami

Kesehatan

Berikut cara untuk mengatasi kulit wajah yang berjerawat. Kulit wajah adalah yang paling sering terkena jerawat, karena kulit wajah adalah area yang palingkerap terpapar polusi udara serta terkontaminasi oleh kosmetik. Jerawat merupakan noda yang ada di wajah dan menyebabkan wajah tampak tidak sehat dan terawat.

Jerawat sering dikaitkan dengan kulit berminyak. Kulit berminyak terjadi ketika kelenjar sebaceous menghasilkan terlalu banyak sebum. Sebum adalah minyak kulit alami yang melumasi dan melindungi kulit.

Terlalu banyak dapat menyebabkan pori pori tersumbat dan berjerawat. Meskipun kulit berminyak dan berjerawat sering berjalan beriringan, jerawat juga dapat terjadi dengan kulit kering. Apa pun yang menyumbat pori pori Anda dapat menyebabkan berjerawat.

Jika Anda cenderung berjerawat atau memiliki kulit berminyak, jangan malas untuk mencuci wajah sebagai bagian dari rutinitas perawatan kulit pagi dan sore Anda serta sebelum tidur. Pembersih ringan tanpa banyak bahan dan wewangian dapat bekerja dengan baik pada wajah karena kulit tidak akan terkena paparan bahan kimia terlalu berat. Eksfoliasi atau pengelupasan dapat membantu menghilangkan sel kulit mati yang berlebih. Jika sel sel ini tinggal di kulit Anda terlalu lama, mereka dapat menyumbat pori pori Anda dan menyebabkan berjerawat.

Tidak cukup tidur juga dapat menyebabkan kulit Anda lebih sehat, artinya akan meredakan jerawat yang ada pada wajah. Sebaiknya Anda tidur kurang lebih 8 atau 9 jam sehari agar kulit wajah tampak sehat alami. Untuk memastikan rutinitas makeup Anda ramah kulit, pastikan untuk:

Gunakan produk yang berlabel "noncomedogenic" atau "bebas minyak." Selalu cuci tangan Anda sebelum merias wajah atau produk perawatan kulit. Selalu bersihkan make up sebelum tidur.

Cuci kuas makeup dan spons setiap minggu. Make Up dapat menyebabkan munculnya jerawat, kondisi ini menyebabkan benjolan kecil dan terangkat yang biasanya muncul di dagu, pipi, atau dahi. Terlalu sering menyentuh ataupun berusaha mengambil jerawat ini tidak baik untuk kesehatan, karena akan membuat pori pori terkena bakteri dari tangan Anda dan dapat menyebabkan bekas pada wajah.

Beberapa penelitian ilmiah menyatakan bahwa merokok dapat memunculkan resiko berjerawat lebih tinggi. Beberapa penelitian ilmiah juga menunjukkan bahwa stres berkepanjangan dapat mengakibatkan kemunculan jerawat pada kulit wajah. Bersantai dapat membantu meredakan jerawat pada wajah anda, berikut ini ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi stres:

Berolahraga dengan intensitas tinggi hingga sedang selama setidaknya 30 menit Melakukan latihan pernapasan Melakukan yoga

Bermeditasi selama beberapa menit Menulis atau mengerjakan hobi Anda Berlatih terapi suara , seperti memainkan alat musik atau mendengarkan musik favorit Anda

Cuka sari apel ini mengandung asam organik yang dapat membunuh bakteri dan virus termasuk jerawat. Madu mengandung antioksidan yang dapat efektif membantu mengurangi jerawat, atau peradangan yang terjadi pada kulit wajah. Kayu manis juga memiliki kemampuan untuk mengurangi peradaangan, karena memiliki sifat anti inflamasi, antioksidan dan antibakteri.

Sari teh hijau ini memiliki antioksidan yang sangat tinggi, yang dapat membantu melawan bakteri karena teh hijau juga mengandung flavonoid dan tanin yang bagus untuk mengurangi peradangan. Lidah buaya memiliki zat yang mampu menyembuhkan luka, yaitu asam salisilat dan belerang yang bagus untuk mengobati jerawat. Itu tadi adalah beberapa cara alami yang dapat memabantu mengobati dan mengatasi peradangan jerawat pada kulit Anda menurut .

Jika kulit Anda tidak membaik dengan pengobatan rumahan atau obat yang dijual bebas, kunjungi dokter kulit untuk mendapatkan saran tentang cara mengatasi jerawat dengan baik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *