Deteksi Kerusakan Kaki-Kaki Sejak Dini

Bagi Anda yang sedang membutuhkan mobil, tidak harus membeli mobil yang baru. Banyak mobil bekas yang dijual dipasaran dengan kualitas dan performa yang masih bagus. Apalagi jika bursa mobil bekasyang Anda pilih sangat terpercaya dan menjamin.

Nah, setelah menemukan dan membeli mobil yang Anda inginkan, langkah selanjutnya adalah melakukan pengecekan pada mobil untuk memastikan semua komponen berfungsi sempurna. Salah satu bagian penting yang harus dicek adalah kaki-kaki mobil karena berperan penting untuk kenyamanan dan keselamatan berkendara.

Biasanya keadaan jalanan yang tidak bagus dan cara berkendara yang salah merupakan penyebab adanya masalah pada bagian ini

Berikut beberapa hal yang harus Anda perhatikan mengenai kaki-kaki mobil:

  1. Suspensi

Kerusakan bagian suspensi dapat dideteksi ketika mobil Anda melewati jalan yang bergelombang. Jika suspensi mobil rusak maka akan muncul suara berdecit dan guncangan yang tidak nyaman.

  1. Ban

Ban yang sudah mulai rusak apabila tekanan anginnya cepat habis. Selain itu, kerusakan ban juga ditunjukkan ketika permukaan ban yang tidak rata atu bergelombang. Hal tersebut menunjukkan bahwa kaki-kaki mobil tidak stabil.

  1. Velg

Velg yang sudah tidak rata dapat dideteksi dari stir mobil. Apabila setir terasa bergetar saat melaju kencang, maka hal ini menjadi indikasi bahwa velg sudah mulai rusak.

  1. Link Stabilizer

Link stabilizer yang rusak dapat ditunjukkan dengan suara aneh pada saat mobil dikendarai. Komponen ini berfungsi untuk menghubungkan lengan ayun dengan stabilizer.

  1. Bushing

Seringkali dijumpai bahwa setir mobil tidak bisa kembali lagi setelah digunakan untuk membelok. Hal tersebut menjadi petunjuk bahwa bushing mengalami kerusakan karena bushing berfungsi untuk membantu mengendalikan setir.

  1. Ball Joint

Goyangkan ban ke atas dan bawah pada saat mobil Anda sedang didongkrak. Apabila terdapat bunyi gesekan maka hal tersebut menunjukkan bahwa ball join telah mengalami kerusakan.

Jika Anda memeriksa bagian kaki-kaki mobil dan ditemukan adanya bagian yang bermasalah, maka ada baiknya untuk segera memperbaikinya tanpa menunda. Sebab masalah tersebut dapat merembet ke bagian lainnya.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *