Gubernur Riau Tak Memperpanjang PSBB, 6 Kabupaten/Kota Diminta Bersiap Melaksanakan New Normal

Corona

Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar memutuskan untuk tidak memperpanjang pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di enam kabupaten kota di Riau. Sebelumnya ada enam kabupaten kota di Riau yang melaksanakan PSBB, yakni Kota Pekanbaru, Dumai, Bengkalis, Pelalawan, Kampar dan Bengkalis. PSBB di enam kabupaten kota di Riau berakhir, Kamis (28/5/2020) kemarin.

"Setelah melihat adanya penurunan kasus di masing masing kota dan dukungan kedisiplinan masyarakat di masing masing daerah, maka kami memutuskan seluruh kabupaten kota yang sebelumnya melaksanakan PSBB tidak diperpanjang lagi," kata Gubernur Riau (Gubri), Syamsuar, Kamis (28/5/2020). Keputusan ini disampaikan Gubernur Riau usai menggelar rapat dengan walikota dan bupati di Riau melalui video conference. Dalam rapat ini juga dihadiri oleh Kapolda Riau dan perwakilan dari Forkopimda Riau.

"Kami berharap, mudah mudahan kasus di Riau terus menurun dan tidak ada penambahan kasus baru lagi," ujarnya. Dengan berakhirnya PSBB ini, Gubernur kembali mengingatkan kepada enam daerah di Riau untuk bersiap melaksanakan new normal. Jika new normal sudah diberlakukan, maka seluruh aktivitas masyarakat kembali dibuka. Mulai dari rumah ibadah, sekolah serta perkantoran dan fasilitas umum lainya.

"Kabupaten Kota kami minta untuk mempersiapkan new normal. Misalnya sekolah nanti harus disiapkan tempat cuci tangan, ruang kelasnya juga harus dibatasi jaraknya," katanya. Kemudian tempat wisata, rumah ibadah dan perkantoran serta fasilitas umum lainnya, Gubernur juga mengingatkan agar tetap menjalankan protokol kesehatan. Pihaknya meminta kepada pengelola tempat pariwisata, rumah ibadah dan fasilitas umum agar mulai melakukan sosialisasi terkait pemberlakuan new normal ini.

"Nanti akan ada pengecekan, dan kami minta semua protokol kesehatan itu bisa dipatuhi. Supaya kita aman, dan pergerakan ekonomi bisa berjalan," katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *