Kolesterol Tinggi Biasanya Tanpa Gejala dan Berisiko Membahayakan Nyawa, Bagaimana Mendeteksinya?

Kesehatan

Kolesterol tinggi berpotensi menimbulkan gangguan pada jantung dan pembuluh darah. Biasanya, kolesterol tinggi tidak menimbulkan gejala dan baru disadari setelah sudah berkembang menjadi penyakit jantung. Namun, tidak berarti tidak ada ciri ciri kolesterol tinggi yang bisa dideteksi.

Saat seseorang mengalami kolesterol tinggi, tidak berarti gejalanya baru terlihat saat mengalami gejala penyakit jantung, seperti nyeri di dada (angina) dan sebagainya. Beberapa ciri kolesterol tinggi yang bisa muncul adalah impotensi dan xanthomas. Munculnya impotensi bisa menjadi salah satu ciri kolesterol tinggi. Impotensi dapat terjadi karena kolesterol tinggi yang berdampak pada pembuluh arteri.

Ciri ciri kolesterol tinggi lainnya adalah adanya luka atau daging yang lembut dan berwarna kuning (xanthomas). Anda bisa dengan mudah mendapati keberadaan kolesterol tinggi dengan melakukan pemeriksaan darah dan kesehatan secara rutin. Jangan menunggu hingga terkena komplikasi yang lebih serius, selalu ikuti cek kesehatan secara teratur.

Pada dasarnya kolesterol dibutuhkan untuk membentuk sel tubuh yang sehat, tetapi ketika asupan kolesterol dari makanan berlebihan atau terjadi kesalahan metabolisme, kolesterol yang tinggi dalam darah dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Kolesterol tinggi terjadi saat kadar lemak trigliserida dan kolesterol jahat LDL mulai menumpuk di dinding pembuluh darah arteri serta menyebabkan penyempitan dan penyumbatan pembuluh darah. Terkadang, kolesterol tinggi dapat diakibatkan oleh faktor keturunan, tetapi tidak berarti faktor lingkungan tidak turut berperan di dalamnya.

Pola makan yang tidak sehat, kurang berolahraga, dan obesitas adalah faktor faktor yang bisa menambah peluang seseorang mengalami kolesterol tinggi. Umumnya, ciri ciri kolesterol tinggi tidak terlihat jelas dan karenanya kita bisa saja tidak menyadari keberadaan kondisi medis ini tanpa cek kesehatan rutin. Kolesterol tinggi dapat menyempitkan dan menyumbat pembuluh darah, serta menimbulkan komplikasi berupa:

Terkadang ciri ciri kolesterol tinggi mulai dikenal saat sudah terjadi komplikasi komplikasi di atas. Meskipun terkadang tidak muncul gejalanya, kita tetap bisa mencegah kemunculan ciri ciri kolesterol tinggi. Mencegah kenaikan kolesterol dapat menghindarkan kita dari risiko mengalami penyakit jantung.

Berikut adalah beberapa tips yang dapat diterapkan untuk menghalangi kemunculan dari ciri ciri kolesterol tinggi: Gaya hidup sehat ini tidak hanya diterapkan saat sudah berusia lanjut, tetapi perlu dimulai sedini mungkin. Tidak hanya mencegah kolesterol tinggi dan penyakit jantung, kita juga bisa menghindari masalah kronis pada ginjal serta masalah karena peradangan dalam tubuh.

Selalu ingat untuk menjadwalkan cek kesehatan secara rutin untuk mengetahui kondisi tubuh dan menanggulangi masalah medis yang mungkin dialami tetapi tidak disadari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *