Kunyit Efektif Mengatasi Gejala PMS, Kapan Waktu Terbaik Mengonsumsinya?

Kesehatan

Kunyit ternyata cukup efektif untuk mengatasi nyeri saat haid atauPremenstrual syndrome (PMS), simak kapan waktu terbaik mengonsumsinya. Kunyit merupakan salah satu bumbu dapur yang sering digunakan memasak oleh sebagian orang di . Kunyit juga tidak susah ditemui di pasar.

Namun ternyata memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti membantu meredakan . Kondisi ini sering menyebabkan perubahan mood, nafsu makan bertambah, hingga rasa nyeri pada payudara yang tentunya mengganggu aktivitas. Nenek moyang kita telah mengajarkan konsumsi herbal untuk meredakan , salah satunya minuman .

Secara ilmiah, para peneliti menemukan bahwacurcumin (senyawa utama yang terkandung ) ternyata memang efektif mengatasi gejala . Dalam penelitian terbaru, tim ahli mengungkap kaitan antara konsumsi curcumin dan pengaruhnya terhadap karakteristik emosi, fisik, dan gejala utama , misalnya, lekas marah, cemas, sakit kepala, kram, kelelahan, dan kekurangan energi. Setiap peserta mengonsumsi dua kapsul curcumin setiap hari selama tujuh hari sebelum menstruasi dan selama tiga hari setelah menstruasi.

Tim peneliti juga mencatat gejala yang mereka alami melalui kuesioner. Selama tiga siklus haid berturut turut, mereka melaporkan penurunan gejala yang signifikan, yang menunjukkan bahwa rempah ini efektif dalam mengatasi . Para ahli menyebutkan, memiliki efek anti inflamasi karena banyak gejala terkait dengan peradangan (nyeri saat haid).

Jadi, kapan sebaiknya mengonsumsi ? "Dua kali sehari (setiap 12 jam) selama tujuh hari sebelum dimulainya menstruasi dan tiga hari memasuki menstruasi," kata Dr Kanchan Koya kepada MindBodyGreen. Kita juga bisa menggabungkan dengan rempah lain.

Tetapi, jumlahnya harus mencukupi agar efektif. “Kamu bisa mencampurkan dalam masakan, tetapi akan sulit untuk mencapai tingkat curcumin (200 mg setiap hari) tanpa suplemen. Saya merekomendasikan suplemen berbasis lengkap dengan curcumin atau curcuminoids bioaktif lainnya,” katanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *