Langkah Tepat Memilih Investasi Tanah Atau Rumah

  • Whatsapp

Berbicara mengenai investasi, semua itu tergantung dan kembali lagi kepada pihak yang bersangkutan. Apalagi kedua dari elemen tersebut sama-sama dapat berguna dalam jangka panjang. Nah, untuk dapat menghilangkan rasa bimbang Perlu Anda ketahui cara memilih investasi tanah atau rumah yang tepat.

Tips Mudah dalam Memilih Investasi Tanah atau Rumah

Memilih investasi dalam bidang properti memang sangat menguntungkan, karena dapat memberikan keuntungan jangka panjang. Dikarenakan tiap tahunnya kedua elemen tersebut tidak pernah mengalami inflasi / penurunan harga.

Sebagai acuannya, perhatikan penjelasan berikut supaya Anda tidak bingung memilih investasi mana. Berikut ulasannya:

  1. Berdasarkan Lokasinya

Salah satu hal yang paling patut menjadi perhatian ialah lokasi dari investasi rumah dan tanah. Semakin strategis lokasinya, maka harga yang akan ditawarkan semakin mahal / tinggi juga. Yang menjadi aspek penting yaitu kemudahan aksesnya, fasilitas yang mendukung serta tingkat keramaian lokasinya.

Rumah yang berlokasi di pusat kota, pastilah harganya akan jauh lebih tinggi. Sedangkan tanah, nantinya akan mudah dilirik oleh pihak investor maupun pengembang. Dikarenakan mereka merasa bahawa lokasinya sangat mendukung apalagi di pusat kota. Nilai jualnya juga pasti sangat tinggi.

  1. Risiko yang Mungkin Timbul

Baik itu investasi rumah atau bahkan tanah, semuanya pasti memiliki risikonya masing-masing. Hal tersebut perlu dan patut untuk Anda perhatikan juga, agar nantinya bisa mempertimbangkan risiko mana yang tidak seberapa parah atau berisiko untuk dapat berinvestasi. Jadi, perhatikan baik-baik.

Bila Anda memilih rumah, pikirkan juga jika terjadi bencana alam, pencurian yang bisa saja terjadi secara tak terduga. Sehingga sebagai pemilik masih harus merawat kembali pasca kerusakan tersebut. Sedangkan untuk tanah, harus memerhatikan risiko bergesernya batas tanah. Parahnya, bisa saja dijadikan tempat pembuangan sampah.

  1. Adanya Peluang Nilai Tambah

Setiap berinvestasi rumah atau bahkan tanah, Anda akan memperoleh keuntungan berlebih bila memberikan nilai tambah kepada kedua properti tersebut. Seperti misalnya saja saat investasi rumah, dijadikan sebagai tempat kios, rumah sewa, tempat kos maupun buka usaha dan masih banyak lagi.

Jadi, Anda akan mendapatkan income tambahan. Sedangkan untuk tanah, peluang nilai tambahnya jauh lebih kecil. Dikarenakan tanah akan lebih sulit untuk disewakan, apalagi jika tanahnya luas. Terkecuali jika tanahnya berlokasi di padat penduduk, bisa menjadikannya sebagai lahan parkir.

  1. Mengeluarkan Biaya Tambahan

Berinvestasi rumah atau bahkan tanah, bukan berarti Anda tidak mengeluarkan biaya tambahannya. Justru untuk properti seperti rumah, sebagai pemilik harus melakukan perawatan setiap tahunnya seperti mengecat ulang tembok yang seringkali mulai terlihat kusam, biaya listrik sampai perbaikan lainnya.

Apalagi jika terdapat di perumahan, maka akan ada biaya seperti keamanan maupun kebersihan. Berbeda dengan investasi tanah, Anda tidak perlu melakukan perawatan, biaya asuransi bahkan sampai pajak sekali pun. Jadi, dalam hal ini investasi tanah merupakan pilihan yang paling tepat.

  1. Return dan Capital Gain

Jika Anda memilih untuk membeli tanah, harganya akan jauh lebih murah dibandingkan membeli rumah. Namun, bila membahas return dan capital gain maka yang paling tinggi terdapat pada tanah. Kenaikan investasi tanah per tahunnya, biasanya bisa sekitar 20 sampai dengan 25%. Beda dengan rumah.

Sedangkan untuk rumah, kenaikan investasi per tahunnya biasanya sekitar 15 sampai dengan 20%. Untuk dapat meningkatkan nilai jual dari rumah maupun tanah, sebagai pemilik Anda diharuskan menunggu paling tidak sekitar 5 tahunan. Dikarenakan tiap tahunnya, harga akan selalu naik.

Setelah mengetahui dari penjelasan artikel di atas. Apakah kini Anda sudah mendapatkan pilihan tepat terkait memilih investasi tanah atau rumah? Apapun pilihanya, bagian terpentingnya adalah setiap investasi pasti ada plus minus. Jadi, bagaimana pun juga semua itu tergantung pada pemilik.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *