Mau Kaya? Ini Tips Hemat Uang

  • Whatsapp

Peribahasa bilang, “hemat pangkal kaya”. Jadi tunggu apa lagi? Yuk, berhemat dari sekarang untuk hidup mapan di masa depan.

Tenang, Bank of America punya tips seru agar uang di dompet bersisa lebih banyak di akhir bulan. Simak nih.

1. Buat catatan pengeluaran dan pendapatan

Cara ini akan memudahkan Anda berapa yang baru saja Anda keluarkan untuk membeli atau membayar sesuatu. Dalam satu bulan, hitung berapa yang sebenarnya Anda perlukan untuk kebutuhan wajib, dan tabung ke bank sisanya.

2. Siapkan bujet khusus untuk kebutuhan sebulan

Cara ini penting agar nantinya tidak ‘besar pasak daripada tiang’. Misalnya, bujet untuk servis motor bulanan dan lain sebagainya.

3. Tabung setiap terima uang

Usahakan selalu menyisihkan uang untuk ditabung, begitu terima gaji. Cara ini agar gaji tidak keburu habis sebelum bisa ditabung. Lagipula, punya tabungan itu bermanfaat lho. Misalnya, untuk bayar biaya dokter, liburan, membeli mobil baru bahkan tabungan bisa juga dinikmati di masa pensiun. Pakar keuangan berpendapat, menabunglah 10 – 30 persen dari gaji.

4. Prioritaskan pengeluaran

Setiap orang punya kebutuhan yang berbeda-beda. Si A mungkin saja cukup dengan gaji hanya Rp 2,5 Juta tapi mungkin tidak bagi si B. Untuk itu, Anda perlu membuat skala prioritas, sebenarnya gaji Anda wajib dikeluarkan untuk yang mana saja. Contoh: setelah menyisihkan untuk zakat dan tabungan, prioritaskan gaji untuk membayar cicilan-cicilan (bisa rumah, motor atau kartu kredit) lalu sisanya untuk membayar kewajiban lain seperti biaya listrik, air atau gaji ART.

5. Bikin tabungan berbeda, untuk manfaat berbeda

Lebih baik, bedakan tabungan untuk urusan mendadak dengan tabungan khusus rencana Umroh misalnya. Bikin juga tabungan lain untuk modal usaha atau pensiun ya.

Selamat mencoba!

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *