Mencegah dan Mengatasi Blog Dari Google Sandbox

  • Whatsapp

Oke…langsung saja saya tulis point-point pentingnya dibawah ini:)

berasal dari pengalaman saya sendiri:) )

1. Mendaftarkan blog ke google webmaster tools atau bisa langsung login kesini

Dengan mendaftarkan blog kita ke google webmaster tools,blog kita tidak saja dapat secara cepat diindex oleh google , tetapi kita juga dapat menganalisa blog kita dengan tools yang di sediakan oleh google seperti google analystic,google lab,dsb.

2. Mendaftarkan domain atau blog kita ke google analystic

Seperti yang saya jelaskan di atas,banyak sekali keuntungan yang dapat kita dapatkan jika mendaftarkan ke google analystic,selain menganalisa…kita juga mendapat saran untuk optimasi seo blog kita,sama seperti google webmaster tools.

3. Tidak melakukan optimasi seo (search engine optimization) secara berlebihan,terlebih lagi pada blog dengan domain baru.

Ada kalanya karena kita ingin cepat mendapatkan hasil agar blog kita muncul di daftar teratas halaman pencarian google,kita melakukan optimasi seo secara berlebihan.Bukannya blog kita berada di halaman pertama google…,malah blog kita tidak terindex sama sekali oleh google.

4. Tidak membuat blog dengan tujuan spamming dan indexing.

Membuat dummy blog dengan tujuan memberikan link ke blog yang kita inginkan sebenarnya sah-sah saja….,hanya saja dengan membuat blog yang khusus untuk tujuan indexing sangat tidak disukai oleh google.Jika anda ingin membuat blog seperti ini,saran saya yaitu memberikan credit atau mencantumkan link dimana anda mengambil artikel itu.Dengan cara ini,anda tidak dianggap sebagai spam oleh google.

5. Bagi pengguna WordPress dan CMS lainnya; tidak menggunakan plugin atau software yang dapat membuat konten atau artikel secara otomatis.

6. Jangan terlalu sering mengganti themes/template blog anda

Kadang kala,karena kita merasa tidak cocok dengan themes atau template blog yang kita pakai,secara tidak sadar kita menggonta-ganti themes blog sampai beberapa kali dalam sehari.Hal ini pernah saya alami yaitu terkena sandbox selama kurang lebih 5-6 jam karena beberapa kali mengganti themes blog baru agar sesuai dengan yg kita inginkan,sedang posisi blog kita pada saat itu adalah live.

7. Buatlah artikel yang orisinil atau tidak menjiplak atau meng-copy konten/artikel dari blog lain.

8. Jangan melakukan ping secara berlebihan.

Sebenarnya tanpa sadar,ketika kita sedang membuat posting atau membuat halaman baru….wordpress secara otomatis akan melakukan ping atau memberitahukan ke crawler search engine bahwa blog kita sudah melakukan update,entah pada saat itu kita masih menulis artikel atau menyimpan artikel dalam bentuk draft belum selesai dan kita ingin mengeditnya sewaktu-waktu .Hal ini tidak menjadi masalah asal artikel kita sudah siap dan bukan masih tahap menulis atau draft atau editing.

Jika berkali-kali kita melakukan editing atau menyimpan artikel secara otomatis (biasanya tanpa kita sadari sebagai pemakai cms wordpress),maka lama-lama blog kita akan dianggap spam oleh google bot.

Tips agar tidak dianggap spam oleh googlebot atau crawler bagi pengguna wordpress yaitu menginstall plugin yang bernama cbnet ping optimizer.

9. Jangan terlalu menembak keyword yang terlalu umum pada blog anda.

Sebenarnya tidak masalah jika anda ingin menembak keyword yang umum sebagai topik dari blog anda,kecuali blog anda adalah authority site:). Seperti yang tertera pada wikipedia,salah satu jenis topik/keyword yang bisa mencegah blog agar mengurangi resiko terkena google sandbox effect yaitu dengan mengambil keyword yang panjang atau biasa disebut microniche (keyword panjang atau yang lebih spesifik).

10. Melakukan update artikel secara berkala.

Bagaimana cara mengatasi jika seandainya blog kita sudah terkena google sandbox effect?.

Jika seandainya hal ini sudah terjadi,maka anda tidak perlu (terlalu) takut….yang perlu anda lakukan adalah berusaha agar blog anda keluar dari sandbox google dan dapat segera terindex kembali.

Banyak yang merasa takut dan merasa bahwa blognya akan menjadi tidak berguna lagi,padahal hal itu sangat tidak benar.Dari informasi yang saya baca dari berbagai blog referensi, sandbox effect dapat berlangsung lama atau bahkan cepat (seperti kejadian dari blog baru saya)…..,dan paling lama yang pernah saya baca adalah 6-12 bulan tergantung dari kesalahan yg ada pada blog kita.

Berikut ini adalah cara untuk mengatasi dan terlepas dari google sandbox effect yang berasal dari pengalaman saya sendiri:)

1. Baca 10 tips yang sudah saya tuliskan diatas kemudian evaluasi dan praktekkan

2. Edit kembali beberapa posting dengan menambahkan beberapa kata sehingga artikel bertambah panjang.

3. Menulis posting baru yang benar-benar original dan unik.

4. Submit artikel baru ke beberapa social bookmarking sites.

5. Cari backlink dari authority site,atau dari blog ber-PR dan mempunyai domain dengan umur yg cukup lama.Caranya yaitu dengan melakukan blogwalking dan memberikan komentar atau cara apa saja yang anda bisa:)

Oke…jadi itu tips dan trik serta cara saya untuk mencegah dan mengatasi (keluar) dari google sandbox effect. Jika anda mempunyai informasi atau pengalaman yang lain,anda dapat menuliskannya melalui kolom kommentar dibawah:)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *