Mengajari Anak Belajar Tanpa Dipaksa

  • Whatsapp

Anak seringkali menolak belajar dengan berbagai alasan. Sehingga orang tua harus memutar otak agar anak belajar tanpa harus dipaksa.

 

Belajar merupakan proses alami manusia dalam mempelajari segala sesuatu. Sehingga memahami semua hal yang berada di sekelilingnya. Namun terkadang sulit membuat anak belajar tanpa harus dibujuk terlebih dulu. Terkadang ada juga yang harus dipaksa agar mereka mau belajar.

Anak memiliki tipe yang berbeda dalam cara belajarnya masing-masing. Asa yang cenderung bertioe auditori. Metode belajar ini akan lebih efektif bila disampaikan melalui cara mendengarkan musik atau dongeng. Ada pula metode belajar visual, di mana anak akan lebih nyaman dengan membaca buku dan menonton video. Sedang metode kinestetik lebih mengedepankan praktik secara langsung.

6 Cara Merangsang Anak Belajar Tanpa Dipaksa

Cara belajar yang paling efektif adalah atas dorongan hati atau kehendak anak sendiri. Namun dorongan itu kerap kali harus dibangkitkan terlebih dulu oleh ibu atau ayah. Sehingga anak memiliki minat untuk belajar dan menggali potensi yang ada pada dirinya.Anda bisa mencoba 6 cara merangsang minat anak belajar tanpa harus dipaksa oleh orang tua lagi.

Siapkan Perpustakaan Di Rumah

Anda bisa mempersiapkan buku bacaan atau ruangan khusus yang menjadi perpustakaan dalam rumah. Berbagai media bacaan seperti koran, majalah, buku maupun poster akan menarik minat anak untuk membukanya. Proses membaca ini akan menambah pengetahuan mereka, proses belajar pun juga akan lebih menyenangkan. Pasalnya mereka sendiri yang tertarik untuk membuka buku.

Bersikap Antusias Terhadap Minat Anak

Anak tentu merasa dirinya spesial jika orang tua memperhatikan minat mereka terhadap sesuatu hal. Meski minat anak cenderung berubah-ubah sesuai perkembangan usia dan lingkungan sosialnya, tapi perhatian Anda tetap akan sangat berharga bagi Anak. Anda bisa menunjukkan perhatian dengan memfasilitasi minat dan hobi mereka. Dukungan kecil ini akan sangat berharga dalam pembelajaran.

Biasakan Anak Mengeluarkan Pendapat

Umumnya anak kesulitan untuk berpendapat atau mengeluarkan pendapat Karena lingkungan yang tidak menghiraukan pendapat anak kecil. Dorongan serta dukungan pada anak untuk berani berpendapat, dapat menumbuhkan keberanian mereka dalam mengambil keputusan. Hal ini juga akan meningkatkan minat anak untuk terus belajar.

Tunjukkan Serunya Menambah Pengetahuan Baru

Anak selalu penasaran terhadap hal baru yang mereka temukan di dalam lingkungan. Anda bisa mendukungnya dengan mengajak mereka melakukan berbagai kegiatan baru yang menyenangkan. Aktivitas berkebun juga bisa menjadi kegiatan belajar yang menyenangkan. Saat menyemai benih, Anda dapat menjelaskan tentang proses fotosintesis maupun pengetahuan seru lain.

Beri Fasilitas Untuk Mendukung Minat Anak Belajar

Jika anak tertarik untuk belajar melukis, Anda bisa membantu mempersiapkan semua alat bantu dalam melukis tersebut. Begitu juga jika anak lebih tertarik dalam bidang menulis atau sains. Dukungan sederhana berupa penyediaan alat bantu untuk setiap proyek mereka, akan membuat anak lebih termotivasi menyelesaikan dengan hasil maksimal.

Merayakan Setiap Pencapaian

Sebuah penghargaan dari orang tua akan memberi dampak besar dalam proses belajar anak. Penghargaan sekecil apapun yang Anda berikan terhadap pencapaian anak, akan memotivasi mereka untuk terus mencoba hal baru. Sebuah pujian ketika berhasil menggoreng telur sendiri, bisa membuat anak merasa hebat. Sehingga anak lebih bersemangat untuk terus belajar mencoba hal baru.

Anda bisa mencoba melakukan 6 tips di atas agar anak terus berminat untuk mencoba kegiatan baru. Tanpa harus dipaksa, anak belajar dengan sepenuh hati karena merasa dihargai dan didukung oleh orang tua. Berbeda dengan proses belajar karena dipaksa. Hasilnya cenderung mengecewakan karena anak tidak merasa nyaman saat melakukannya. Bagaimana menurut Anda?

 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *