var id = "52cef0501065c04a0d320f231464118135f119e8"; ?php body_class(); ?>>

Niat Runtuhkan Dominasi Marc Marquez dari Terwujud Rekor-Rekor yang Diukirkan Fabio Quartararo

Sport

Tekad awal pebalap tim Petronas Yamaha, Fabio Quartararo, memutusdominasi Marc Marquez mulai dia wujudkan. Hal itu dimulai dengan memenangi MotoGP Spanyol. Fabio Quartararo memenangi MotoGP Spanyol yang menjadi seri pembuka musim 2020.

Balapan berlangsung di Sirkuit Jerez, Spanyol, Minggu (19/7/2020). Tak cuma itu, Fabio Quartararo juga mencatatakan sejumlah rekor serba pertama. Dilansir Kompas.com , berikut rangkum sejumlah rekor serba pertama yang dibuat Quartararo seperti yang dikutip dari laman MotoGP.com dan Motorsport.com .

Berikut rekor rekor tersebut: Kemenangan di MotoGP Spanyol 2020 menjadi kemenangan pertama Quartararo semenjak berlaga di kelas utama. Quartararo naik ke kelas MotoGP pada musim 2019. Meski sempat beberapa kali mencatatkan pole position, Quartararo belum pernah memenangi balapan pada musim pertamanya.

Pencapaian terbaiknya pada musim 2019 adalah finis kedua. Sebelum kemenangan Quartararo di Jerez, tercatat belum pernah ada pebalap Perancis yang mampu memenangi seri balap MotoGP sejak berganti format pada 2002. Sebelum dikenal dengan istilah MotoGP, kelas utama pada ajang balap roda dua paling bergengsi di bawah FIM (Federasi Balap Motor Internasional) dikenal dengan nama GP500.

Berbeda dari MotoGP, GP500 masih menggunakan mesin 2 tak. Pada era GP500, Regis Laconi menjadi pebalap terakhir Perancis yang mampu menjuarai sebuah seri balap. Regis Laconi tercatat melakukannya saat seri GP Valencia pada 19 September 1999. Setelah kemenangan Laconi itu, belum pernah ada lagi bendera Perancis yang berkibar di podium tertinggi. Quartararo adalah pebalap Petronas Yamaha yang berstatus tim satelit. Kemenangan Quartararo menjadi kemenangan pertama pebalap tim satelit Yamaha sejak era MotoGP. Petronas Yamaha baru dibentuk tahun 2019.

Sebelumnya, tim satelit Yamaha adalah tim Tech3 yang kini berganti mesin KTM. Selama masih bersama Yamaha, belum ada satu pun pebalap Tech3 yang mampu memenangi balapan. Kemenangan Quartararo di Jerez adalah kemenangan pertama Yamaha di sirkuit tersebut sejak tahun 2016. Pada tahun 2016, Valentino Rossi menjadi pebalap terakhir yang mampu memenangi balapan di sirkuit yang punya nama resmi Angel Nieto itu. Setelah itu, Jerez selalu dikuasai para pebalap Repsol Honda.

Pada 2018 dan 2019, balapan di Jerez selalu menjadi milik Marc Marquez. Dengan demikian, Quartararo mampu menghentikan dominasi Marquez. Pada balapan di Jerez 2020, Marquez gagal finis setelah mengalami kecelakaan saat balapan hanya tersisa tiga lap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *