Perhatikan Hal Berikut Saat Memperkenalkan Training Cup Pada Anak

  • Whatsapp

Sesudah anak dirasakan cukup umur untuk memulai minum dengan gelas, beberapa orangtua umumnya akan latih si kecil untuk minum dengan training cup.

training cup atau gelap hisap adalah gelas atau cangkir yang didesain khusus untuk bayi dan balita. Gelas ini mempunyai moncong pipih yang di ujungnya ada banyak lubang untuk menyalurkan cairan yang berada di dalamnya. training cup umumnya dibuat dari plastik, dengan atau tanpa pegangan. Tipe gelas yang ini dipakai sebagai perpindahan di antara pemakaian botol dot ke dalam gelas biasa.

Memberikan training cup ialah langkah yang pas untuk mengajari anak minum dari gelasnya sendiri. Selain itu, kegiatan ini tingkatkan koordinasi tangan dan mulut anak.

Saat mengenalkan training cup ke Si Kecil, Anda perlu memerhatikan beberapa hal berikut:

1. Pakai training cup khusus untuk pemula

Sebagai permulaan, tentukan training cup dengan corong minum yang dibuat dari silikon yang lunak, lentur dan lembut mempunyai ukuran kecil. Anda pun dianjurkan untuk pilih ukuran gelas yang tidak besar dan mempunyai pegangan supaya lebih gampang dipegang Sang Kecil.

2. Waktu Yang Tepat

Pilih waktu yang pas saat ajak si kecil untuk minum lewat training cup. Coba untuk melatih untuk minum dengan training cup saat makan siang ataupun waktu si kecil sedang makan cemilan. Jauhi dahulu melatih training cup di waktu malam hari, karena botol dot akan membuat mereka lebih nyaman untuk tidur.

3. Perlihatkan ke anak cara memakainya

Anak ialah peniru ulung. Oleh karenanya, langkah terbaik untuk mengajari Si Kecil dengan memberikannya contoh. Anda dapat memperlihatkan ke Si Kecil bagaimana caranya menggenggam, mengangkat, dan arahkan training cup ke dalam mulut.

Supaya Si Kecil tidak tersedak, Anda dapat membantunya untuk memiringkan gelas secara perlahan-lahan hingga Si Kecil bisa minum isi pada gelas training cup.

4. Mempunyai tidak hanya satu training cup

Bila anak tidak nyaman dengan training cup pertamanya, tidak boleh patah semangat. Berita baiknya, training cup tidak begitu mahal . Maka tidak ada kelirunya untuk beli tipe yang lain yang disukai si Kecil.
Banyak training cup ditawarkan dengan beragam kegunaan dan bentuk. anda dapat pilihnya sesuai keperluan. Ada training cup yang ditawarkan dengan ukuran sedotan kecil, ada yang dibuat supaya gampang digenggam, dan lain-lain. Yakinkan training cup yang gampang dipakai Si Kecil. training cup dengan tutup dapat menjadi opsi supaya kebersihan nya tetap terjaga.

5. Memberi Minuman Rasa Lain

Beberapa bayi mau minum air putih atau juice dari training cupnya tetapi tidak untuk ASIP atau susu formula. Terkadang mereka telah menafsirkan susu akan diberi lewat dot atau langsung menyusu dari payudara ibu. Anda dapat isi gelas hisap dengan cairan lain untuk membikin si kecil tertarik memakainya. Tidak boleh beri juice pada bayi berumur kurang dari enam bulan. Anda harus juga batasi jumlah juice untuk bayi yang umurnya lebih dari enam bulan dan batita hingga tidak lebih dari 4-6 ounce (sekitaran 1/2 gelas) satu hari.

6. Pilih yang Mudah dibersihkan

Umumnya training cup terdiri dalam bagian-bagian. Pilih cup yang gampang dibersihkan sampai ke sisi terkecilnya. training cup yang bisa dilepaskan bagian-bagiannya dapat memudahkan anda saat membersihkan. Janganlah lupa cari info langkah pencuciannya, apa produk aman disterilkan misalkan dengan microwave, direbus, dan sistem steril yang lain.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *