Peringatan Dini BMKG Cuaca Ekstrem, Rabu 4 Maret 2020: Waspada 9 Wilayah Berpotensi Hujan Lebat

Nasional

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyampaikan informasi peringatan dini cuaca ekstrem di wilayah Indonesia. BMKG telah merilis kabar peringatan dini berpotensi tersebut terjadi hari esok, Rabu (4/3/2020). Sebagian besar wilayah Indonesia akan turun hujan ringan hingga lebat dan disertai petir.

Pada musim penghujan ini, masyarakat perlu waspada terhadap cuaca ekstrem yang mungkin akan terjadi. BMKG melalui laman resmi , menyampaikan informasi bahwa ada cuaca ekstrem esok hari. Ada9wilayah berpotensi hujandengan intensitas lebatyaitu di wilayah Lampung, Banten, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Tengahdan Sulawesi Tenggara.

Sementara di17wilayah juga diprediksi akan terjadi hujan yang disertai dengan petir atau kilat, yaitu di wilayah Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Maluku Utara, Maluku dan Papua. Hal ini terjadi karena terdapat daerah dengan tekanan rendah di Australia Barat bagian utara, di Samudera Hindia selatan Jawa Timur dan barat daya Bengkulu. Sementara terjadisiklonik di Samudera Hindia barat Aceh dan sirkulasi angin tertutup di Perairan Timur Halmahera.

Konvergensi memanjang juga terjadi dari Pesisir Barat Sumatera, Perairan Selatan Jawa, hingga Perairan Selatan NTB. Daerah belokan angin terdapat di Sumatera bagian utara, Kalimantan Barat dan Tengah, Sulawesi, Maluku Utara, dan Papua bagian utara. Waspada potensi hujan sedang hingga lebat disertai dengan kilat atau petir dan angin kencang dengan durasi singkat di wilayah berikut inipadasaat pagi dandini hari:

Jakarta Utara Jakarta Pusat Jakarta Barat

Potensi wilayah berdampak banjir akibat hujan lebat di bagian Timur Indonesia: 1.SulawesiBarat (Siaga) 2.SulawesiSelatan (Siaga)

3.SulawesiTengah (Waspada) Pembaruan informasi ini disampaikan pada Selasa,3 Maret 2020 12:09 WIB oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *