Perusahaan Swasta Kembali Bantu Mesin PCR buat Jawa Barat

  • Whatsapp

PT HM Sampoerna Tbk. (Sampoerna) kembali membantu penyaluran mesin berteknologi reaksi rantai polimerase atau PCR beserta kelengkapannya untuk Jawa Barat. Bantuan ini guna mempercepat proses penanganan pandemi Covid 19 di salah satu provinsi terpadat di Indonesia tersebut. Direktur Sampoerna Elvira Lianita menyebut mesin PCR ini didedikasikan kepada para tenaga medis dan warga Jabar agar dapat memeriksa lebih dari 60 spesimen Covid 19 per jam.

"Kami berharap bantuan ini dapat turut mempercepat pemeriksaan sampel usap terhadap warga Jabar. Dengan demikian, warga yang tidak terpapar Covid 19 dapat segera beraktivitas kembali," ujar Elvira, Minggu (6/9/2020). Elvira menambahkan, Sampoerna menyerahkan tujuh mesin PCR beserta kelengkapannya sepanjang Agustus hingga September 2020. Sebelumnya, Sampoerna telah memberikan mesin PCR beserta kelengkapannya kepada Pemerintah Kabupaten Pasuruan, Pemerintah Kota Malang, Pemerintah Kota Surabaya, Pemerintah Provinsi Jawa Timur, dan Institute of Tropical Disease Universitas Airlangga Surabaya.

Read More

Gubernur Jawa Barat Ridwal Kamil menyebut bantuan Sampoerna, yang disalurkan melalui Yayasan STAPA Center, merupakan wujud bela negara. "Donasi seperti ini adalah bentuk bela negara," ujar Kang Emil, sapaannya. Pada kesempatan tersebut, Emil juga sempat memberikan pesan kepada pihak swasta untuk memperketat protokol kesehatan di perusahaan masing masing.

Tak hanya itu, ia pun mengingatkan agar para pengusaha senantiasa menekankan pentingnya pola hidup sehat di masa pandemi Covid 19 kepada para karyawannya. Berdasarkan temuan Pemprov Jabar, sambung Emil, pabrik dan tempat kerja telah menerapkan protokol kesehatan dengan baik, namun sering tidak dibarengi dengan kedisiplinan sebagian karyawan ketika beraktivitas di rumah atau di luar pabrik. "Jadi, tolong diingatkan kepada pekerja di industri pabrik agar protokol kesehatan tidak hanya di tempat kerja, tetapi juga di tempat tinggal," ujarnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *