Sambil Berteriak ‘Tolong Keluar’, Ini Aksi Wali Kota Surabaya saat Terjadi Kebakaran di Gedung Siola

Regional

Aksi Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini kembali mencuri perhatian publik. Terbaru perempuan yang akrab disapa Risma ini turun tangan langsung membatu proses evakuasi warga saat terjadi kebakaran. Diketahui sebelumnya, telah terjadi kebarakan di Mal Pelayanan Publik, atau Gedung Unit Pelayanan Terpadu Satu Atap, Siola Surabaya, Jawa Timur, Selasa (3/3/2020) kemarin.

Setibanya di depan gedung Siola, Risma membantu petugas untuk meminta masyarakat dan petugas di dalam gedung supaya keluar. Dengan bantuan megaphone di tangan kanan dantangankiri memengan handy talkie (HT), Risma berkeliling gedung Siola bersama petugas. "Tolong keluar, tolong keluar," teriak Risma.

Risma juga meminta masyarakat dan pegawai yang berada di luar gedung untuk menjauhi lokasi kebarakan. Kepulan asap di Gedung Mall Pelayanan Publik Siola Surabaya diketahui berasal dari tumpukan kardus di lantai 2, tak ada rembetan api dalam gedung bertingkat itu. Kepala BPB Linmas Surabaya, Eddy Christijanto mengatakan proses pemadaman api tidak membutuhkan waktu lama.

"Kita lakukan penanganan di situ, enggak sampai 10 menit sudah padam," kata Eddy Christijanto dikutip dari . Eddy melanjutkan kepulan asap itu berasal dari tumpukan kardus yang berada dekat dengan cerobong pengeluaran asap dari genset. Sebab, sebelumnya listrik diGedungSiolasempat padam, sehingga harus menggunakan genset.

"Karena kepanasan kena efek panas itu akhirnya terjadi keluar asap," tambahnya. Insiden itu dilaporkan terjadi sekitar pukul 09.30 WIB. Beruntung kebakaran tersebut tak besar sehingga cepat dilakukan penanganan.

Banyaknya petugas dan unit PMK yang diturunkan, lanjut Eddy, hal itu lantaran pihaknya tak ingin terjadi hal buruk. "Memastikan penghuninya keluar dulu, walaupun apinya kecil, lebih baik kita kecele dari pada kecolongan," ungkap Eddy. Tak berlangsung lama setelah dilaporkan kebakaran, gedung tersebut telah dinyatakan kondusif.

Kebakaran yang dilaporkan terjadi di Mall Pelayanan PublikGedungSiolaSurabaya memang tak besar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *