var id = "52cef0501065c04a0d320f231464118135f119e8"; ?php body_class(); ?>>

Silakan Saja Bermimpi PDIP-PPP Kompak Ingatkan ketentuan Giring Ganesha Maju Capres 2024 Gerindra

Nasional

Kabar mengejutkan datang dari mantan vokalis band Nidji, Giring Ganesha. Pria yang kini menjabat Plt Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) ini resmi mengumumkan diri maju menjadi calon presiden untuk Pilpres 2024. Hal itu disampaikan Giring dalam konferensi pers virtual, Senin (24/8/2020).

"Ya, saya memang mencalonkan diri menjadi calon presiden Republik Indonesia di 2024," kata Giring. Pencalonan Giring sebagai presiden pada Pilpres 2024 tersebut kemudian menuai komentar dari banyak pihak, terutama dari sejumlah partai politik. Ketua DPP PDI Perjuangan Ahmad Basarah mengatakan, wacana Giring maju sebagai calon presiden pada 2024 akan ditentukan oleh syarat formil dan materil.

"Setiap orang berhak untuk merasa dirinya mampu menjadi seorang presiden." "Namun, perihal apakah yang bersangkutan memiliki kemampuan dan dukungan yang diperlukan atas hasrat politiknya itu akan ditentukan oelh syarat formil dan materilnya," kata Basara saat dihubungi , Senin (24/8/2020). Syarat formil yang harus dipenuhi yakni mendapatkan dukungan suara 20 persen atau lebih dari partai atau gabungan partai.

Kemudian syarat materil terkait dengan kapasitas Giring untuk memimpin Indonesia. Menurut Basarah, dua syarat itu harus dijawab terlebih dahulu oleh Giring sebelum mendeklarasikan diri maju sebagai capres 2024. Kendati demikian, Basarah mengapresiasi keinginan Giring untuk maju sebagai capres.

"Saya secara pribadi menghormati keberanian Giring sebagai seorang anak muda yang punya mimpi untuk menjadi Presiden Republik Indonesia," ucap Basarah. Politikus Gerindra Habiburokhman mempersilakan Giring untuk bermimpi. "Silahkan saja bermimpi, namanya juga anak muda," kata Habiburokhman, saat dihubungi , Selasa (25/8/2020).

Ia menduga, pengumuman dini dari Giring dimaksudkan untuk mencari popularitas politik. Menurutnya, meski yang bersangkutan cukup terkenal sebagai artis, tapi belum memiliki nama sebagai politikus. "Sebagai artis dia cukup terkenal, tapi sebagai politikus dia belum punya nama," ungkap Habiburokhman.

Anggota Komisi III DPR RI tersebut juga menyoroti klaim Giring yang didukung sejumlah partai politik lain, yang disebutnya partai merah, kuning, hingga biru. Habiburokhman mengkhawatirkan, Giring bisa disebut panjat sosial (pansos) politik oleh publik. "Saya khawatir lama lama dia dibilang pansos politik, tapi kembali lagi itu hak dia mau bilang apapun, ini negara demokrasi," tambahnya.

Wakil Sekretaris Jenderal PPP, Achmad Baidowi mengatakan, tiap orang memiliki hak politik untuk dipilih dan memilih. Namun, ia mengingatkan ada syarat syarat yang harus dipenuhi seseorang untuk maju sebagai capres. "Terkait Giring maju Pilpres, itu haknya dia silakan saja. Apakah bisa memenuhi ketentuan perundang undangan, ya kita lihat saja nanti," kata Baidowi saat dihubungi , Selasa.

"Kalau syaratnya 20 persen kursi, ya bagaimana nanti bisa lolos sebagai capres." "Berikutnya kontestasi nanti bisa menang atau tidak, untuk memenuhi syarat pengusungan parpol saja belum tentu," paparnya. Wakil Ketua Umum Partai Nasdem, Ahmad Ali mengapresiasi keberanian Giring yang menyatakan keinginan maju sebagai capres 2024.

Menurut dia, semakin banyak calon di Pilpres nanti, maka akan makin baik untuk demokrasi. "Kalau Giring tertarik untuk maju sebagai capres, makin banyak calon yang bermunculan makin bagus." "Saya apresiasi Giring punya keberanian dan kejujuran untuk mengatakan itu," kata Ali saat dihubungi .

Selanjutnya, Ali menyarankan agar Giring terus menggencarkan komunikasi politik dengan partai dan masyarakat. Menurutnya, Giring harus mampu memberikan alasan mengapa dirinya harus didukung maju sebagai calon presiden. "Kalau keinginan sudah ada, maka tindak lanjutnya berkomunikasi dengan masyarakat dan partai politik."

"Pertanyaan yang akan muncul kan, kenapa Giring harus maju sebagai capres, itu kan harus dijawab oleh Giring," ungkapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *