var id = "52cef0501065c04a0d320f231464118135f119e8"; ?php body_class(); ?>>

Survei Penajaman Pemetaan Geologi menuju PJT II Dilakukan Inuki & Wika Beton

Kilas-non-kementrian

PT INUKI (Persero) melakukan kunjungan ke Bendungan dan PLTA Jatiluhur dalam rangka memberikan pelayanan komprehensif dan total solution terkait kebutuhan Jasa Inspeksi Teknik dan Non Destructive Test terhadap bendungan dan irigasi Perum Jasa Tirta II (PJT II). INUKI mengundang PT Wijaya Karya Beton, Tbk. (WIKA Beton) sebagai mitra dalam pelaksanaan repair dan retrofitting, untuk melaksanakan survei lanjutan dan pemetaan geologi. Survey tersebut juga dihadiri langsung oleh Direktur Produksi PT INUKI (Persero), Bunjamin Noor, Direktur Teknik dan Produksi PT WIKA Beton, Sidiq Purnomo, serta General Manager Unit Usaha Wilayah IV Perum Jasa Tirta II, Anom Soal Herujito.

"Untuk menyelesaikan pekerjaan yang ada di Perum Jasa Tirta II, INUKI memberikan total solusi berupa analisa dan perbaikan konstruksi yang akan diberikan oleh Wika Beton,” ungkap Bunjamin Noor kepada media, Kamis (10/9/2020). Survey penajaman dan pemetaan geologi di hari pertama pada tanggal 2 September 2020 dilakukan di Bendungan Jatiluhur oleh tim survey dari INUKI dan WIKA Beton. Dalam survey tersebut dilakukan pengamatan secara visual pada retakan, pengamatan visual kebocoran dengan metode penggunaan radiotracer dan analisis geokimia untuk pengujian air, baik dari rembesan maupun sumber dari waduk.

Pada hari berikutnya (3/9/2020) dilakukan pengamatan pada Bendungan Salamdarma untuk mengecek retakan pada pintu pangkal gedung secara visual dan dilakukan pengukuran retakan menggunakan metode bimetri untuk mengetahui ada tidaknya gerusan di dasar tanggul. Setelah itu, dilakukan pengamatan saluran irigasi BTB 9C dan 10C untuk mengecek penurunan tanah pada titik tersebut menggunakan metode georadar dan uji dan analisis tanah. Kemudian dilakukan pengecekan jalur pipa dari Cawang menuju Pejompongan dimana terdapat permasalahan pengurangan debit air yang terdapat dugaan terjadi kebocoran pada pengurangan debit air tersebut. Dengan semangat sinergi BUMN, PT INUKI (Persero), PT Wijaya Karya Beton, dan Perum Jasa Tirta II, saling mengisi dan melengkapi kebutuhan masing masing, melalui pelayanan terbaik dalam kompetensinya.

Dalam survei penajaman dan pemetaan geologi tersebut dipimpin langsung oleh Executive Vice President Business Development PT INUKI (Persero), Wida Rahayu dan Business Development Bureau Manager WIKA Beton, Panggih Wijanarko.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *