Tips Merawat Apartemen Dan Memilih Apartemen

  • Whatsapp

Bagi Anda yang terbiasa tinggal di rumah tapak, mungkin sedikit kesulitan dalam merawat apartemen. Meski begitu, sebenarnya apartemen ini tidak terlalu rewel perawatannya. Namun tidak ada salahnya jika dalam artikel ini, dibahas ulang mengenai cara merawat apartemen agar selalu nampak bersih dan nyaman ditempati.

Saat ada orang yang bertanya mengenai alamat tempat tinggal. Mau tidak mau, yang terbayang dalam benak kita adalah sebuah rumah tapak biasa. Hanya saja, seiring perkembangan zaman kini orang lebih banyak memilih untuk tinggal di apartemen. Alasannya pun beragam, sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Cara Merawat Apartemen

Cara perawatan apartemen sesungguhnya tidak jauh berbeda dengan cara merawat tempat tinggal yang lain. Hanya saja, apartemen ini sudah dilengkapi oleh berbagai perabotan yang disediakan oleh pengelola. Sehingga penghuni baru nanti dapat mendiaminya dengan nyaman. Berikut cara perawatan untuk apartemen yang Anda huni.

Tempat Sampah

Jangan pernah menyepelekan keberadaan alat satu ini. Meski terkadang dianggap sepele, tempat sampah sebenarnya memiliki peranan penting dalam menjaga kebersihan. Sampah yang dibuang sembarangan akan berserakan dalam ruangan, berakibat pada rasa kurang nyaman yang timbul karena ruangan berantakan.

Anda bisa meletakkan tempat sampah ini pada setiap ruang yang ada. Baik di kamar tidur, dapur, maupun kamar mandi. Dengan begini Anda tidak kelimpungan lagi saat akan membuang sampah. Tisu bekas pakai, plastik bungkus makanan atau sampah lain dapat segera dimasukkan ke dalam tempatnya.

Pengharum Ruangan

Ruangan yang beraroma apek tentu membuat penghuninya tidak betah berada dalam ruangan tersebut. Jadi salah satu trik agar apartemen tetap terasa segar adalah dengan menyiapkan pengharum ruangan. Bisa beraroma jeruk, kopi, atau aroma apa saja yang menjadi favorit Anda.

Pengharum tadi bisa diletakkan pada berbagai sudut ruang agar aromanya tetap dapat dinikmati setiap saat. Tidak hanya untuk kamar tidur, dapur maupun kamar mandi sebaiknya juga memiliki pengharum ruangan. Ruangan pun menjadi lebih nyaman karena aroma wangi yang ada.

Penempatan Barang

Apartemen bisa ditata dengan berbagai barang sederhana namun tetap enak dipandang. Penghuninya pun betah bersantai dalam tempat tinggal bila semua barang berada pada tempat yang sesuai dengan keberadaan seharusnya. Barang yang tergeletak sembarangan akan membuat ruangan terlihat semrawut.

Penghuni yang berniat untuk bersantai dalam apartemen pun tidak dapat menikmati waktu senggang. Pasalnya ruangan terlihat berantakan sehingga tidak nyaman untuk dilihat. Bukannya betah, justru ingin keluar terus mencari tempat yang bisa menenangkan pikiran.

Merawat Tembok

Merawat tembok apartemen sebenarnya sama dengan merawat apartemen itu sendiri. Sebaiknya tembok jangan sampai nampak kusam dan kotor, apalagi harus mengalami keretakan karena jarang dirawat. Hal ini bisa menimbulkan masalah baru, bahkan berujung serius bila dibiarkan saja.

Salah satu cara merawat tembok adalah dengan mengecatnya agar tidak gampang rusak. Lebih baik lagi jika tidak mencoreti tembok atau melubanginya dengan paku. Meskipun terlihat sepele, hal ini akan sangat berpengaruh bagi keselamatan Anda maupun apartemen.

Membersihkan Lantai

Salah satu keuntungan tinggal di apartemen adalah Anda tidak lagi harus berurusan dengan debu jalan yang masuk lewat pintu rumah. Namun bukan berarti Anda aman dari serbuan debu. Rutin membersihkan lantai akan membuat apartemen selalu terasa bersih.

Lantai yang kotor karena debu yang terbawa oleh sebab itu harus selalu disapu. Begitu juga jika ada makanan atau minuman yang jatuh,segera lap agar lengket san mengundang semut. Rutin membersihkan lantai juga akan membuat penghuninya merasa semakin nyaman.

Bersihkan Semua Ruang

Tidak hanya menyapu dan mengepel lantai. Anda juga harus selalu membersihkan ruang. Baik ruangan santai, kamar tidur, kamar mandi, terlebih area dapur. Setelah dibersihkan, segera tata semua barang agar berada pada tempatnya. Dengan demikian, apartemen pun menjadi lebih nyaman untuk dihuni.

Dekorasi

Ini adalah salah satu hobi para wanita yang sering mendekorasi tempat tinggal mereka. Apartemen pun tidak luput dari kegiatan dekorasi ini. Hanya saja, sebaiknya diingat dulu, bawa apartemen lebih cocok dengan dekorasi minimalis. Pasalnya bila terlalu banyak akan memberi kesan serta menyesakkan berada dalam ruangan tersebut.

Jika Anda tidak sempat membersihkan sendiri karena sibuk dengan kegiatan lain. Anda bisa mempekerjakan seorang asisten rumah tangga. Dengan tujuan agar apartemen selalu nyaman untuk dihuni.

Cara Memilih Apartemen

Bagi orang awam yang ingin membeli apartemen, sebaiknya tidak perlu tergesa-gesa. Pasalnya bila salah pilih akan menimbulkan kerugian yang lumayan banyak. Ikuti panduan dalam memilih apartemen yang tepat pada bagian bawah ini.

Lokasi

Anda tidak dapat mengenyampingkan lokasi saat memilih apartemen. Idealnya apartemen terletak di dekat berbagai fasilitas umum,termasuk dekat dengan kantor tempat Anda bekerja. Transportasi umum pun dapat menjangkau dengan mudah.

Kenali Aturan

Antara satu dan lain apartemen bisa saja memiliki peraturan yang berbeda. Jadi tidak ada salahnya jika bertanya langsung pada pengelola apartemen. Misalnya dalam apartemen dilarang membawa hewan peliharaan. Nekat membawa kucing atau anjing, bisa berakibat gatal karena telah melanggar peraturan.

Keamanan

Hal penting lain yang harus diperhatikan adalah faktor keamanan pada lokasi tersebut. Pada umumnya apartemen memiliki sistem pengamanan yang mumpuni, berbeda dengan rumah tapak biasa. Meski begitu Anda harus tetap waspada dengan lingkungan sekelilingnya.

Lahan Parkir

Jika Anda memiliki kendaraan pribadi, akan lebih baik jika memilih apartemen dengan tempat parkir luas. Biaya parkir bulanan pun memiliki harga terjangkau, sehingga tidak memberatkan Anda.

Demikian cara merawat dan memilih apartemen, Bagi anda yang berencana tinggal di jakarta Apertemen Kebagusan City bisa menjadi pertimbangan Anda saat ingin memilih apartemen. Jika ingin segera memiliki apartemen sendiri, Anda dapat mencari informasi lebih lengkap di Rumah.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *