Wajib Tahu Inilah Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Secara keseluruhan kesehatan gusi dapat mempengaruhi kesehatan gigi dan mulut Adapun gusi yang seringkali berdarah bisa menjadi pertanda adanya penyakit pada gusi bahkan bisa jadi mengindikasikan kondisi gangguan kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara mengatasi gusi berdarah.

Pendarahan pada gusi kerap terjadi disebabkan cara menyikat gigi yang salah dan terlalu keras. Kebiasaan menyikat gigi yang salah dapat berisiko menyebabkan gusi menjadi luka dan berdarah.

Penyebab Serta Cara Mengatasi Gusi Berdarah

Berikut ini merupakan beberapa kondisi yang bisa menjadi penyebab gusi berdarah

  • Gingivitis

Gingivitis atau yang lebih dikenal dengan radang gusi yaitu salah satu penyebab gusi berdarah yang paling sering terjadi kondisi tersebut lebih berisiko terjadi disebabkan karena malasnya untuk menyikat gigi hal ini disebabkan jarangnya menggosok gigi bisa mendorong terbentuknya plak atau karang gigi di sekitar gusi.

 

Apabila dibiarkan terlalu lama karang gigi dan plak bisa mengiritasi gusi serta menyebabkan peradangan inilah yang menjadi penyebab gusi menjadi mudah berdarah ketika menyikat gigi ataupun menggunakan benang gigi meskipun banyak ikat gigi ah dilakukan dengan lembut.

 

  • Periodontitis

Periodontitis muncul saat gusi mengalami infeksi yang terjadi berlarut-larut dan tanpa dilakukannya pengobatan ini bisa merusak jaringan lunak hingga tulang penyangga gigi merupakan jaringan dapat membuat gusi menjadi lebih mudah berdarah saat sedang menggosok gigi.

 

  • Trombositopenia

Trombositopenia merupakan salah satu penyebab gusi berdarah kondisi tersebut dapat terjadi ketika jumlah trombosit yakni komponen darah yang berperan penting untuk proses pembekuan darah berada di bawah batas normal.

 

Apabilajumlah trombosit menurun pendarahan bisa terjadi secara spontan bahkan sulit berhenti. Contohnya pendarahan gusi trombositopenia dapat diakibatkan oleh kelainan sumsum tulang penggunaan obat tertentu ataupun demam berdarah.

 

  • Hemofilia

Hemofilia merupakan kelainan genetik menyebabkan gangguan pada pembekuan darah. Pendarahan pada Hemofilia mirip dengan trombositopenia yang dapat terjadi secara spontan dan akan berlangsung lebih lama.

 

Penderita hemofilia dapat mengalami pendarahan gusi secara tiba-tiba tanpa adanya penyebab yang pasti atau tidak sedang menggosok gigi terlalu kuat. Selain di gusi pendarahan pun juga dapat terjadi di tempat lain seperti di hidung yakni mimisan di bawah kulit memar serta di dalam sendi.

 

  • Kekurangan vitamin

Seseorang yang mengalami kekurangan vitamin C ataupun vitamin K maka akan rentan terhadap gusi berdarah. Hal tersebut terjadi disebabkan kedua vitamin tersebut berperan sangat penting dalam memperkuat jaringan tubuh bahkan tidak terkecuali gusi serta membantu proses pembekuan darah dan penyembuhan luka.

 

Selain kondisi yang disebutkan di atas, kadar hormon pada wanita juga dapat menjadi penyebab gusi berdarah. Hal ini terjadi karena anak perempuan yang berada pada masa pubertas, seorang wanita yang tengah menstruasi atau memasuki masa menopause, wanita yang sedang hamil, ataupun mengonsumsi pil KB akan lebih mudah mengalami gusi berdarah.

Lalu bagaimana cara mengatasi gusi berdarah?

Ada beberapa cara yang dipercaya dapat membantu untuk mengatasi gusi berdarah seperti:

  • Mengonsumsi makanan ataupun suplemen untuk mencukupi asupan vitamin C dan vitamin K
  • Menggosok gigi dengan rutin secara baik dan benar agar dapat menghindari penimbunan plak atau luka gusi yang diakibatkan cara menyikat gigi yang salah
  • Kompres gusi yang berdarah dengan menggunakan kain kasa yang telah direndam air es
  • Menghindari produk tembakau atau rokok yang dapat memperburuk peradangan pada gusi
  • Tidak mengonsumsi aspirin ataupun obat lain yang bisa menjadi pemicu gusi berdarah terkecuali apabila anjuran dari dokter

Dapat dikatakan mengatasi gusi berdarah tidaklah sulit. Akan tetapi juga tidak bisa dianggap sepele. Jadi, apabila Anda sudah melakukan cara di atas. Namun, tidak berhasil maka sebaiknya periksakan diri ke dokter karena kemungkinan termasuk serius dan kronis.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *